Jokowi Jawab Kritik Soal Pembangunan Infrastruktur di Luar Jawa


TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjawab kritikan yang menyebut pembangunan infrastruktur di luar Jawa tidak sesuai dengan perhitungan ekonomi sehingga menjadi beban negara. "Kalau mau gampang, kita bangun Jawa saja," ujar Jokowi kepada Tempo di ruang kerjanya di Istana Bogor, Jumat, 26 April 2019.
Jokowi mengatakan Jawa memiliki banyak keunggulan. Mulai konsentrasi penduduk, yang mencapai 149 juta, sampai infrastruktur yang lebih maju ketimbang pulau lain. "Tinggal buat super koridor ekonomi di Jawa bagian utara, akan sangat mendukung pertumbuhan ekonomi dengan sangat cepat," kata dia. Dia menyebutkan pembangunan infrastruktur di Jawa memiliki return of investment tinggi, internal rate of return tinggi, dan dampak politik yang positif.
Namun, Jokowi emoh menempuh cara instan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi seperti itu. "Kita menganut pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan," ujarnya. Pertumbuhan ekonomi tinggi tanpa pemerataan, dia melanjutkan, menimbulkan ketidakadilan. Pembangunan yang sebelumnya tersentralisir di Jawa telah menimbulkan ketimpangan. Dia mencontohkan jalan mulus terhampar di Jabodetabek berbanding terbalik dengan Papua. "Ada satu kabupaten yang tidak memiliki jalan aspal satu meter pun."
Maka, Jokowi membangun Trans Papua. "Banyak orang mempertanyakan, 'Bapak membangun Trans Papua itu return of economy-nya apa'," kata dia. "Kalau berhitung kayak gitu, ga akan dibangun Papua."
Menurut Jokowi, dalam hidup bernegara, jangan selalu menggunakan hitung-hitungan ekonomi dan politik. Semua wilayah Indonesia, meski penduduknya segelintir, berhak menikmati pembangunan. "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ya seperti itu," ujar dia.
Dalam wawancara eksklusif selama 45 menit itu, Jokowi juga membahas soal upaya rekonsiliasi dengan Prabowo-Sandiaga, rencana kerja pemerintahan 2019-2024, dan reshuffle kabinet. Baca wawancara selengkapnya di Majalah Berita Mingguan Tempo yang terbit Senin, 29 April 2018.
Share:

Recent Posts